Selasa, 26 Juli 2011

Cara kerja teknologi ajax

Diposkan oleh Dewi Thursina di 13.44
Gambar 1. Cara kerja teknologi  Ajax
Setelah membahasa perbedan antara teknologi client side dan server side serta perbedaan antara web dinamis dan statis, kali ini saya akan membahas sebuah teknologi pembuatan web dinamis yang mana mengabungkan antara teknologi client side dan server side,apakah itu?
 
 Para pembuat web tentunya sudah tidak awam lagi dengan teknologi ajax, AJAX (Asynchrous JavaScript and XML) merupakan teknik gabungan beberapa teknologi yang sudah lama ada, yaitu  XHTML, CSS, DOM, JavaScript, XML/JSON, dan objeck XMLHttpRequest. Definisi lain dari Ajax adalah kumpulan teknologi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi web interaktif dan responsife mirip dengan aplikasi desktop

Fungsi dari teknologi ajax yaitu:
Dengan mengunakan teknologi AJAX semua masalah responsife aplikasi  berbasis web dapat ditangani . Salah satu masalah responsife tersebut adalah pengunjung tidak perlu menunggu lama saat meminta data. Hal ini disebabkan karena halaman atau data yang ditampilkan akan segera ditampilkan tanpa perlu me-refresh seluruh halaman, karena AJAX hanya melakukan update pada bagian tertentu pada halaman web.

Cara kerja Teknologi ajax :
Pada gambar1. cara kerja teknologi Ajax diatas merupakan proses pengambilan data dari sisi client/browser ke server. Sebuah browser membuat suatu object XMLHttpRequest. Objeck XMLHttpRequest memperkenankan Javascript untuk mengakses server secara asynchronous sehingga dapat meng-update bagian-bagian tertentu  dari halaman web tanpa harus memanggil keseluruhan halaman web. Untuk mengakses server singkatnya adalah membuat request HTTP sederhana untuk suatu file/script yang terletak di server, kemudian request HTTP dikirimkan ke server melalui jaringan Internet. Setelah sampai di server maka server akan memproses dan merespon request HTTP dan mengirimkan kembali data ke sisi browser melalui jaringan Internet. Setelah proses kembali ke browser maka browser akan memproses data, tapi tidak seperti Website pada umumnya. Proses pengembalian data mengunakan format yang dapat dengan mudah di-parsing oleh kode Javascript yang ada di browser. Setelah data diproses maka terjadilah proses update yang telah ditentukan tadinya pada halaman web page.

Pengaplikasian teknologi AJAX diantaranya sudah sangat familiar antara lain pembuatan aplikasi chat online,
aplikasi dengan fungsionalitas seperti fasilitas saran pengetikan kata kunci pada search engine google (google suggest),datagrid yang responsive, validasi form, dan loading pada saat aplikasi web sedang di load, berikut tampilan aplikasi berbasis ajax yaitu sewaktu web sedang di load.
 
Pengaplikasian teknologi berbasis ajax



2 komentar on "Cara kerja teknologi ajax"

depot pulsa on 14 Maret 2012 23.14 mengatakan...

thanks for this post

Giri Miharja on 28 November 2013 12.47 mengatakan...

terimakasih gan blog anda menarik jangan lupa mampir ke http://girimiharja.student.ipb.ac.id

Poskan Komentar

 

rhienayups...