Senin, 30 Maret 2009

Dual Boot

Diposting oleh Dewi Thursina di 12.40
Di jaman sekarang semua orang maunya yang komplit and simple serta ekonomis, ga bedanya neh dengan komputer, bagi teman-teman yang udah biasa memakai komputer dengan beberapa macam jenis sistem operasi tentunya akan lebih sangat membantu jika dalam satu komputer ada beberapa sistem operasi didalamnya, dikarenakan keungulan dari beberapa sistem operasi yang ada, nahhH sekarang kita tidak perlu lagi neh harus beli beberapa komputer agar setiap komputer mempunyai SO ( Sistem Operasi ) yang berbeda-beda,,!!!

Sekarang kita bisa memakai satu komputer dengan beberapa sistem operasi yaitu istilah lainnya Dual Boot, di sini saya akan memberi contoh dual boot antara Ms.Windows dan Linux (Ubuntu)


Sebelum penginstalan kita terlebih dahulu harus membagi partisinya. Pembagian partisi dapat dilakukan pada satu SO misalkan partisi windows kita dapat mengunakan partisi magic ataupun dengan try CD secara langsung, tentunya pastikan settingan bios anda 1 st adalah Cd.



gambar pengaturan partisi dengan partisi magic


Proses selanjutnya

Setelah itu akan ditampilkan konfigurasi pengisian data.


¨ kolom creat as merupakan penempatan partisi pada hard disk

¨ kolom partition type merupakan pilihan untuk jenis partisi.

¨ kolom label digunakan untuk penamaan sebuah partisi.

¨ kolom size merupakan ukuran dari partisi yang dibuat Isilah kolom creat as, partition type, label dan size, setelah itu klik OK untuk pembuatan partisi.

¨ Setelah partisi terbuat maka langkah selanjutnya harus meng-apply-nya untuk mengeksekusi pembuatan partisi. Untuk pembuatan partisi yang selanjutnya, lakukan sesuai langkah pertama kembali.


Instalasi ubuntu

Setelah pembagian partisi pada windows selesai, Boot CD Ubuntu installer, pilih bahasa yang sesuai kemudian tekan “Enter”



Pilih “Install Ubuntu" dan tekan "Enter".



CD installer sedang booting

Proses instalasi berjalan. Pertama pilih bahasa yang ingin digunakan (default english) Instalasi System



kemudian pilih zona (jakarta, indonesia)

Pilih keyboard layout yang digunakan (default english)


¨ Swap merupakan memori cadangan, nilainya 2 X memory kita misalkan memory PC kita 512, jadi swap kita 1024 MB.

¨ EXT 3 merupakan file system kita untuk ubuntu, kalau di umpamakan pada windows ini adalah partisi C. Kalau kita yang memakai dual Boot maka akan terbaca FAT 32.

¨ FAT 32 ini merupakan file windows kita jadi ubuntu mendetect file windows kita dan kita bisa mengambil data-data kita yang berada di partisi windows misalkan di partisi D dan E. dan ini kita biarkan saja dan jangan di ganggu gugat.


-Pertama buat partisi untuk swap sebesar 2 x RAM, pilih sebagai logical




Atur besar ext3 menjadi 5000 MB tentunya sesuai dengan pengaturan partisi magic atau pilih saja free space ...pilih sebagai primary dan mount point sebagai ("/" atau root)




Kemudian masuk ke tahap pengisian login



Tampilan selanjutnya adalah jendela informasi setting instalasi. Selanjutnya klik install untuk memulai proses instalasi



tunggu beberapa saat dan selesai ^-^



sekarang komputer kamu udah jdi dua os neh!!!tingal milih aja mana yang kamu suka @_@

2 komentar on "Dual Boot"

ridho on 23 April 2012 pukul 15.44 mengatakan...

ya untuk menambah pengetahuan aja gan

Template Booklet Company Profile on 13 Februari 2014 pukul 11.01 mengatakan...

ya untuk menambah pengetahuan aja gan

Posting Komentar

 

rhienayups...